Discussion Essays

Apakah Esai itu?

(Bahan diskusi tentang Esai)

Essay atau dalam bahasa Indonesia adalah  esai merupakan karangan berbentuk prosa atau karya deskriptif yang mengulas mengenai masalah secara singkat dengan sudut pandang penulis sendiri ataupun menggunakan perspektif. Esai juga bisa diartikan sebagai sebuah kerangka tulisan opini dari penulis,  apresiasi, interpretasi suatu masalah atau realitas. Esai dapat dapat dipandang sebagai sebuah representasi penulisnya.

Bagan di atas menunjukkan struktur esai pada umumnya. Bagan struktur esai akan didiskusikan lebih lanjut di dalam kelas. Berbagai komponen dalam struktur esai tersebut akan sangat bagus untuk langsung dilatih dalam penulisan sebuah esai (bisa menggunakan media ini (click di sini). Tugas yang dikirimkan akan direview, diberikan catatan saran penyempurnaan, serta nantinya dipresentasikan untuk didiskusikan bersama. Menulis esai dengan menggunakan struktur di atas akan memudahkan dalam setiap detail intisari dalam setiap paragraf, transisi kalimat atau paragraf dan berfungsi untuk mensistematiskan karya esai tersebut. Kerangka pikir dalam bangun struktur tersebut dapat membuat karya esai menjadi lebih jelas dan terarah sesuai topik ataupun tujuannya.

 

Penulisan esai dapat berbentuk formal ataupun informal. Untuk jenis esai formal biasanya menggunakan bahasa yang baku dan mengikuti format baku aturan bahasa Indonesia yang benar (lihat dalam materi kedua di e-learning UKM Penalaran dan Riset untuk minggu ini). Sedangkan untuk esai informal dalam penulisannya dapat menggunakan bahasa percakapan, yang santai tanpa peraturan baku bahasa, mengikuti pola bahasa yang populer.

Sebuah esai dapat menampilkan deskripsi domain pemikiran yang kritis dan berguna untuk praktik perbaikan-perbaikan. Lebih lanjut esai tersebut dapat memberikan inspirasi hingga dapat mentransfromasi masyarakat. Telah cukup banyak ditulis dalam berbagai literatur bahwa esai terdiri dari banyak jenis. Ada beberapa jenis esai yang memiliki tujuan penulisan yang berbeda-beda. Setiap jenisnya memiliki cara penulisan dan objek tulisan yang berbeda pula.

JENIS ESAI BERDASARKAN TUJUAN PENULISAN

Paling tidak  ada enam jenis jenis esai berdasarkan tujuan penulisannya. Sebenarnya bisa dikembangkan lagi lebih banyak.

No. Jenis Esai  Keterangan
1 Esai Cerita Jenis esai cerita adalah esai yang memiliki tujuan untuk menggambarkan sesuatu. Tujuan dari penulisan esai cerita adalah untuk membuat pembaca dapat merasakan seolah-olahmasuk dalam cerita, sedang berada di tempat tersebut ataupun mengalami realita tersebut. Contoh judul: “Kisah Inspiratif Pelaksanaan Nyepi di Bali”
2 Esai Paparan

 

Esai paparan adalah jenis essay yang menjelaskan sesuatu secara sangat rinci kepada pembaca tulisan. Sedangkan untuk tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan dan informasi yang detail untuk pembaca esai. Contoh judul: “Kontribusi Nyepi dalam Global Worming
3 Esai Argumentatif

 

Jenis esai argumentatif memiliki tujuan untuk membuat pembacanya yakin akan ide atau pandangan penulis terkait suatu isu. Esai Argumentatif berusaha untuk menjelaskan kebenaran dari ide penulis dengan penjelasan dan fakta-fakta dengan bukti-buktinya (evidence). Tentu hal tersebut dilakukan supaya pembaca menyetujui ide yang digagas penulis. Contoh judul “Pentingnya mempertahankan budaya Bali dalam Mengarak Ogoh-ogoh”
4 Esai Lukisan

 

Jenis esai lukisan adalah karangan yang berusaha menggambarkan sesuatu keadaan. Dengan harapan para pembaca esai dapat lebih melihat dan memahami deskripsi tersebut. Esai dalam hal ini seperti melukis hingga terlihat jelas dan memiliki daya kreatif seni dalam mendeskripsikannya. Contoh judul esai jenis ini “Teleransi Umat non Hindu saat Nyepi di Bali”
5 Esai Persuasif

 

Esai jenis inin memiliki beberapa kemiripan dengan esai argumentatif. Perbedaannya dapat dilihat dari esensi ini dari esai ini bersifat mengajak. Esai persuasif  bertujuan untuk mengajak pembaca untuk melakukan atau mempengaruhi pola pikir pembaca. Ajakannya bisa berupa pola hegemonik. Esai ini sifatnya mengajak menuju aksi atau transformasi atau membelokkan arah ide pembaca. Contoh judul: “Stop Jaringan Internet saat Nyepi”
6 Esai Imajinatif Esai jenis ini adalah sebuah tulisan yang berasal dari imajinasi penulis namun tampak sistematis dan logis. Walau yang ditulisnya belum ada realitasnya. Contoh judul: “Praktik Mistik Ogoh-ogoh dalam Dunia Siber”, “Ogoh-ogoh yang Hidup dan Berkomunikasi”
  dst. Bila dikaji lebih dalam tentunya masih banyak lagi ada jenis esai.

JENIS ESAI BERDASARKAN MACAM PERMASALAHAN

Berikut ini ada Delapan jenis esai berdasarkan macam-macam permasalahan dengan ulasan singkatnya.

No Jenis Esai  Keterangan
1 Esai Deskriptif

 

Jenis esai deskriptif adalah esai yang menjelaskan atau mendeskripsikan suatu benda atau subjek manusia. Beberapa permasalahn yang sering diangkat pada jenis esai semisal hewan. tanaman, ogoh-ogoh dan tokoh-tokoh.
2 Esai Tajuk

 

Jenis esai tajuk adalah esai yang ada di surat-surat kabar dan menjadi tempat masyarakat dalam menyampaikan pendapatnya. Semisal pendangan masyarakat terhadap suatu masalah yang sering dialami oleh mereka. Dengan tujuan agar diperhatikan oleh pihak yang terkait, contohnya persoalan ogoh-ogoh yang tidak ramah lingkungan

Esia tajuk juga sering digunakan untuk mengangkat isu-isu yang sedang hangat. Semisal tentang ogoh-ogoh ditunggangi politik, atau ogoh-ogoh pemicu konflik atau kontestasi antar desa.

Selain itu, isu-isu kecil yang menjadi perbincangan masyarakat juga sering ditulis dalam bentuk tajuk. Contohnya fenomena ogoh-ogoh dengan bentuk upin-ipin, atau tokoh kartun lainya. Contoh lainnya Penggunaan musik rock barat dalam ogoh-ogoh

3 Esai Cukilan Watak

 

Jenis ini merupakan esai yang memungkinkan penulisnya memasukan beberapa watak dari seseorang berkaitan dengan suatu isu. Namun tidak menjelaskan secara detail tokoh yang sedang diambil wataknya. Melainkan hanya sedikit menggunakan watak dari tokoh tersebut untuk mendapatkan sebuah nilai yang dijadikan pedoman hidup.
4 Esai Pribadi

 

Jenis esai pribadi adalah penulisan esai yang mengungkapkan secara jelas pendapat pribadi penulis terkait suatu isu. Mengaitkannya dengan cerita yang bersifat pribadi atau kontekstual dengan pribadi penulis.
5 Esai Reflektif

 

Jenis esai reflektif adalah esai yang menekankan pada perenungan terhadap suatu keadaan. Semisal NYEPI sebagai SILENT DAY hari untuk melakukan self reflection dan auto audit pada diri sendiri.
6 Esai Kritik

 

Jenis esai kritik esai yang bersifat kritis tapi tidak selalu hanya menyalahkan namun juga ada solusi dan saran pemecahannya. Esai kritis biasanya sangat menarik karena idenya frontal dan melawan arus domain umum budaya. Misalnya kritik terhadap pelaksanaan ogoh-ogoh yang kurang spiritual.
7 Esai Artikel Penelitian

 

Jenis esai artikel penelitian adalah esai yang mengulas mengenai hasil dari suatu penelitian. Intervensi metode penelitian dan karangka konseptualnya tampak nyata. Terlihat hasil tamuan penelitian yang nyata.
 8 Esai Artikel Pemikiran  Jenis esai artikel pemikiran adalah esai yang mengulas mengenai pemikiran atau konsepsi-konsepsi pertimbangan ilmiah tertentu. Intervensi metode penelitian dan karangka konseptualnya tampak nyata. Terlihat juga hasil tamuan atau ide pemikiran yang nyata.

Berbagai jenis esai bisa muncul sesuai dengan kreatifitas seorang penulis. Jenis esai bisa berkembang sesuai dengan kemampuan berinovasi dan distingtif penulisnya sendiri. Perkeban

 

diskusi TIPS MEnulis esai

1. Menentukan topik,isu dan tema yang menarik

Sebelum menulis sebuah esai, tentukan terlebih dahulu tujuan dan masalahnya. Topik, tema dan isu yang bagus akan mempengaruhi isi keseluruhan karya tulis  tersebut. Tentu dalam menulis essay perlu untuk memikirkan tema apa yang akan ditulis. Termasuk kaitannya dengan segala aspek kehidupan lainnya. Relasi tema-tema yang menarik akan menjadi magnet dalam esai yang ditulis clik di sini untuk contoh struktur esai.

2. Mengumpulkan Detail Data

Pengumpulan data bisa dilakukan dengan observasi, merenung, berpikir, wawancara, atau mencari buku atau tulisan-tulisan yang terkait. Satu topik bisa kita kembangkan menjadi sangat menarik jika kita memilik data yang banyak. Literatur review terkait tema yang dipilih dapat membantu membuat kerangka berpikir.

3. Membuat kerangka pikir, maping mind dan outline esai

Kerangka pikir berfungsi untuk membuat karya yang sistematis dengan modeling konsep bahkan merencanakan penggunaan teori tertentu yang relevan. Peta-peta pikiran terkait tema yang terstruktur  dan outline yang detail akan memudahkan ide pokok dalam menulis setiap paragrap yang terhubung dalam esai. Gunakan bagan struktur di atas.

4. Penalaran induktif atau deduktif

Perlu ditentukan apakah penalaran yang akan kita gunakan adalah deduktif yaitu memaparkan pengetahuan yang umum baru yang khusus. Ataukan induktif ide-ide pokok umum belakangan lebih memilih yang khusus dan kejadian spesifik terlebih dahulu baru kesimpulan.

5. Editing yang terus menerus dan ketahui esensi atau tujuan penulisan

Lakukan editing terus-menerus, libatkan sahabat ataupun expert pada bidang yang kita tulis dan yang lainnya untuk membaca  draft esai. Biarkan draft esai tersebut dikritisi hingga tulisan akan semakin matang dan berguna. Ketahui dengan baik esensi dan tujuan penulisan esai pada topik yang telah ditentukan.

6. Mulailah menulis dengan hening dan dengarkan Inner Voice

Keadaan tenang dan hening  sangat berpotensi untuk membuahkan karya esai yang berkualitas. Menulislah dengan hati, dengan mengikuti suara hati. Suara hati atau inner voice diyakini  sebagai suara Tuhan yang terdengar. Dalam hati yang jernih dan bersih maka  Inner voice bisa kita fungsikan dalam menulis. Tentunya dikontekstualkan dengan realitas kehidupan yang diamati.

7. Perhatikan teknis penulisan

Teknis penulisan menjadi suatu poin yang penting. Baca detail PUEBI tahun 2016 sebagai pedoman penulisan. PUEBI dapat didownlod dengan klik gambar di bawah ini:

One thought on “Discussion Essays

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s