MANFAAT MENGIKUTI UKM PENALARAN DAN RISET

Cogito, ergo sum” rumusan yang diungkapkan oleh seorang filsuf Perancis yaitu René Descartes yang dalam bahasa Inggris sering diterjemahkan “think, therefore I am”, dalam bahasa Indonesia “aku berpikir maka aku ada”, merefleksikan betapa pentingnya aktivitas berpikir ataupun menalar. Demikian pula ungkapan yang terlihat agak serupa “I write therefore I am” (aku menulis maka aku ada), yang menyiratkan bahwa aktivitas dan produksi menulis sangatlah penting. Dalam konteks ini keberadaan UKM Penalaran dan Riset dapat menjadi sebuah ruang yang penuh dengan dukungan untuk praktik menalar, menulis dan meneliti. Dengan demikian mengikuti organisasi UKMPR menjadi sangat relevan. Mengikuti organisasi UKMPR berarti ikut mengonstruksi budaya akademis, budaya ilmiah, budaya menalar kritis, sekaligus bersama-sama semakin mengasah kemampuan menalar dan meneliti dan menjadi berkarakter.

Mengasah Nalar Kritis Riset sekaligus Menumbuhkan Karakter melalui Organisasi UKMPR

UKM Penalaran dan Riset Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar (selanjutnya disingkat UKMPR) memiliki potensi dalam meningkatkan kualitas mutu, utamanya dalam budaya akademis seperti mengasah nalar kritis, menggalakkan karya riset, menumbuhkan budaya organisasi dengan konsep emansipatoris dan anti kekerasan simbolik. Berbagai prrogram dirancang untuk menumbuhkan karakter melalui project berkarya (creating) )dengan model fokus grup diskusi, dukungan konseling, pelatihan model cultivate the values from within (heart ) and update methods and theories dengan pola demokratis. Dalam menentukan keputusan organisasi selalu menekankan pada musyawarah mufakat. Semua kegiatan sedapat mungkin disesuaikan dengan AD/ART UKMPR yang telah dirancang berdsarkan musyawarah seluruh anggota. AD/ART ini secara periodik setiap dua tahun dilakukan update sesuai konteks perkembangan terkini melalui kegiatan musyawarah anggota kembali. Dengan model ini semua program dipastikan memiliki nilai output kemandirian berkarya dan mengasah karakter dalam berorganisasi. UKMPR juga telah mengembangkan jejaring atau relasi tingkat nasional dengan menjadi anggota ILP2MI (Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia) dan turut mengembangkan APRI (Asosiasi Penalaran dan Riset Indonesia).

Semua program yang dicanangkan UKMPR secara khusus bertujuan antara lain (1) belajar melakukan riset untuk membentuk dan meningkatkan pola pikir jiwa kritis, serta responsif terhadap lingkungan sekitarnya, (2) menumbuhkan kemampuan menalar, menganalisis fenomena yang terjadi dengan menggunakan logika dan prinsip-prinsip ilmiah, (3) mengasah kemampuan produksi ilmiah, publikasi, presentasi, diseminasi karya, (4) membangun jejaring insan riset secara nasional dan internasional untuk memotivasi kegiatan ilmiah, (5) membangun prinsip merdeka belajar, dan tim penggerak penalaran dan riset yang  berbasis karakter dan inovasi sesuai perkembangan IPTEKS saat ini.

UKM Penalaran dan Riset Raih Prestasi UKM Terbaik 1 Tahun 2018

Membangin organisasi yang berkarakter tentunya tidak terlepas budaya berkarya dan ketekunan dari seluruh tim, serta support dari semuanya. Selamat kepada UKM Penalaran dan Riset yang telah mendapatkan penghargaan nominasi UKM Terbaik I (Satu). Ini adalah salah satu prestasi yang patut dicatat agar seluruh tim semakin kuat motivasinya dalam berorganisasi dan progress berkarya selalu. Prestasi ini dianugerahi pada hari ini Rabu 21 Maret 2018 pada acara Pelantikan DPM dan Presiden BEM IHDN Denpasar sekarang Universitas Hindu Negari I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar (selanjutnya ditulis UHN Denpasar) Jika dilihat dari piagam penghargaan Keputusan UKM Terbaik sudah ditetapkan tertanggal 13 Januari 2018 dalam kegiatan SPT DPM UHN Denpasar periode tahun 2018-2019, tentunya dengan kriteria standar penilaian tertentu yang telah dilakukan.

Piagam Penghargaan UKM Terbaik I

Acara pelantikan DPM dan BEM yang disertai penganugerahan UKM terbaik ini dibuka oleh Bpk Rektor Bapak Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si, dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Bapak Prof. Dr. I Made Surada, MA., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Bapak Prof. Dr. Drs. I Nengah Lestawi, M.Si., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Bapak Dr.Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag., Dekan Fakultas Dharma Acarya, Bapak Dr.Drs. I Wayan Sugita, M.Si, Perwakilan Dekan Brahmawidya dan Dekan Dharma Duta, beserta jajaran pejabat lainnya, Orkemas DPM, BEM, Ketua/BPH UKM di lingkungan UHN Denpasar beserta undangan lainnya. Acara pelantikan berjalan lancar. Selamat kepada dua orang BPH UKM Penalaran dan Riset yang dalam acara ini dilantik jadi leader orkemas yaitu Gede Agus Siswadi (Kepala Divisi Kajian dan Penelitian UKMPR) sebagai Ketua DPM dan Putu Asrinidevy (Sekretaris Jenderal UKMPR) kini menjadi Presiden Bem IHDN Denpasar. Selamat bertugas semoga jaya selalu.

Sesi acara penganugerahan nominasi UKM Terbaik tentu membahagiakan banyak pihak. Menyusul setelah UKM Penalaran dan Riset yang raih nominasi UKM Terbaik 1, berikutnya adalah UKM Dharma Gita Bali (DGB) yang meraih nominasi UKM Terbaik 2 dan UKM Yoga dengan nominasi UKM Terbaik 3.

Tampak ketiga Peraih UKM Terbaik foto bersama dengan Wakil Rektor 1, 2 dan 3, Ketua DPM IHDN (Demosioner) Ni Putu Sinta dan Presiden BEM IHDN Denpasar (Demosioner) I Gede Eka Windu Saputra. Maju mewakili Tim UKMPR menerima penghargaan UKM Terbaik 1 (Satu) yaitu Dewa Ayu Putu Tuty Setiarsih selaku Ketua UKM Penalaran dan Riset (tampak memegang piagam penghargaan) . Wakil Ketua 1 UKMPR, Ramadi Putra tampak memegang piala (lihat foto bagian bawah kedua).

Foto bersama perwakilan dari UKM yang memperoleh penghargaan terbaik bersama oerkemas dan pejabat UHN Denpasar

Tentunya selaku pembina UKMPR, penulis turut merasa berbahagia dan mengucapkan puji syukur serta mengucapkan selamat kepada TIM UKM Penalaran dan Riset UHN Denpasar dengan prestasi yang memang sering menghampiri mereka.

Foto bersama perwakilan BPH UKM Penalaran dan Riset saat memegang piala dan piagam penghargaan UKM Ternaik 1

Prestasi tidak begitu saja jatuh dari langit, tentunya ada proses belajar setiap individu atau Tim untuk secara konsisten dan disiplin dilakukan. Inilah tampak pada anak-anak penalaran dan risetUHN Denpasar dengan karakter kejujuran. Mereka selalu antusias dan semangat dalam inovasi program UKM Penalaran dan Riset termasuk kreativitas produksi riset dan penalaran. Pelatihan rutin yang selalu konsisten di samping dengan rutin melakukan riset lapangan yang periode ini dibagi menjadi dua tim penelitian yang sedang menyusun hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan. Kini UKM Penalaran dan Riset telah menghasilkan dua buku nasional ber ISBN yang diterbitkan oleh IHDN Press, menyusul 2 Tim lagi yang sedang menyelesaikan dua laporan penelitian terkait Gunung Agung dan Tirtha Empul.

Manfaat Program-program UKM Penalaran dan Riset

Program UKMPR diarahkan untuk membangun karakter yang mulia, kemandirian berkarya dan beralar kritis dengan pelaksanaan berbagai program yang telah ditetapkan dalam update AD/ART UKMPR dan Raker yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Beberapa di antarnya adalah program pelatihan rutin seperti: Priductivity Class ataupun PCR (Productivity Counselling Research); editorial karya ilmiah seperti: JPR (Jurnal Penalaran dan Riset) dengan open journal system, Buku Posiding SAPARI (Seminar Sieri Penalaran dan Riset) yang dilakukan rutin, Editorial karya-karya buku riset Tim UKMPR, Editorial karya kumpulan esai dan artikel Tim UKMPR; Program Research and Caring yang merupakan project riset sekaligus pengabdian kepada masyarakat; dan berbagai berbagai program yang disepakati Tim UKMPR dengan menekankan pada kebersamaan berkarya, menumbuhkan kemampuan menulis ataupun produksi karya penalaran dan riset lainnya secara terus menerus. Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas senantiasa dilakukan dengan prinsip loving and effective communication team, dan secara terus menerus melakukan evaluasi-inovasi program agar semakin menarik dan bermanfaat . 

Pelatihan rutin yang dilakukan di samping menggunakan class offline juga secara online dengan sistem diskusi dan presentasi karya seminggu sekali dengan disiplin, terutama ontime, menerapkan sedapatnya standard ISO dalam pelatihan, di samping juga dilakukan dengan mengaplikasikan sistem LMS E-Learning UKM Penalaran dan Riset. Semua materi rutin mingguan penalaran dan riset terkumpul dalam Library e-learning. Berbagai presentasi dan proses pengerjaan research project menekankan pada proses pembentukan karakter, juga menggunakan beberapa aplikasi online yang mendukung. Inovasi selalu dilakukan dengan penunjang project berkarya UKMPR. Banyak kegiatan lainnya seperti SAPARI (Seminar Seri Penalaran Riset) baik secara luring ataupun daring dengan menggunakan media Zoom, FGD, PCR (Productivity Councellling Reserach), PROSI (Konseling Proposal Skripsi), SECO (Scientific Essay Competation), Meet and Greet Aniversary UKMPR, Talk Show UKMPR Bedah Karya Buku Tim UKMPR, DIKTIM (Diklat Karya Tulis Ilmiah). Berbaga program inovatif lainnya juga dilakukan untuk mengasah penalaran dalam melaksanakan diskusi dan apresiasi film. Selain tetap seqara kreatif dalam melaksanakan berbagai lomba dan seleksi seperti yang pernah dilakukan dalam lomba LKTI Nasional dalam TKI yang membuahkan banyak prestasi hingga turut menyumbangkan emas untuk akhirnya UHN Denpasar meraih juara umum tingkat nasional. Melihat berbagai program, karya dan prestasi ini sudah pasti banyak maanfaat yang didapat jika mengikuti secara aktif organisasi UKMPR ini.

Kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah yang dilakukan setahun sekali dengan tema yang update dengan era digitalisasi dan indeksasi global, yang dilanjutkan dengan terjun langsung melakukan praktik riset lapangan, inovasi belajar membuat riset dan film etnografi, riset kontemporer, ejournal, desain grafis, dan produksi buku ilmiah. Orientasi spirit program Tim UKM Penalaran dan Riset selalu mengikuti tantangan zaman now dengan selalu bersinergi dengan pelatih/instruktur/fasilitator, para alumni yang kini terhimpun dalam APRI dan semua pihak dengan penuh unity.

Sekali lagi selamat pada UKMPR yang telah meraih tambahan prestasi dan penghargaan lagi hari ini., semoga semakin meningkatkan rasa persaudaraan, unity yang telah terbangun, semangat belajar dan berkarya dalam bidang penalaran dan riset. Salam Peneliti Muda

Leave a Comment

error: Please cite with writing the source (ex: APA style)